10 Tindakan Bodoh Pasien di Ruangan Dokter


Dr Lissa Rankin, dokter kandungan, tidak akan pernah melupakan seorang wanita yang merencanakan pernikahannya sambil berbaring telanjang di meja pemeriksaannya.

“Setiap 15 detik, ponselnya berdering, dan dia menjawabnya!” Rankin ingat. “Itu bukan kue yang saya pesan,’ dan, ‘Tidak, itu adalah gaun lainnya,’ dan saya berkata kepadanya, ‘Apakah ini saat yang buruk? Haruskah saya datang kembali nanti?'”

Pengantin wanita itu mungkin telah melakukan hal-hal besar untuk pernikahannya, tapi dia menyabotase perawatannya sendiri – dan itu adalah kunjungan yang sangat penting, karena dia baru hamil.

Berbicara di ponsel Anda di ruang pemeriksaan, lupa apa obat-obatan yang Anda gunakan dan berbohong kepada dokter Anda tentang kebiasaan pribadi Anda semuanya merupakan cara mengorbankan kesehatan Anda.

“Hubungan dokter-pasien seperti kemitraan bisnis,” kata Rankin. “Kita perlu bekerja sama. Percayalah saya untuk membimbing Anda, tetapi bersedialah untuk melakukan bagian Anda.”

Dari wawancara dengan dokter kandungan, kardiolog, spesialis obat rehabilitatif, dokter kesuburan dan internis, berikut adalah 10 hal yang pasien lakukan untuk mengacaukan perawatan mereka sendiri.

1. Anda berbicara di ponsel Anda.

Kita sedang membicarakan kesehatan Anda saat ini. Panggilan-panggilan lain bisa menunggu. Matikan telepon Anda.

2. Anda berbohong.

“Saya harus memperlakukan Anda cara terbaik yang saya bisa, jadi jika Anda gay, katakan pada saya. Jika Anda minum sebotol tequila setiap malam, saya perlu tahu. Jika Anda berselingkuh dan tidak menggunakan kondom, biarkan saya tahu, ” kata Rankin yang menulis blog di “Owning Pink.” “Saya berjanji tidak akan menilai Anda.”

3. Anda melakukan pekerjaan ceroboh menggambarkan rasa sakit Anda.

Apakah itu penusukan atau pembakaran? Mendadak atau konstan? Kesemutan atau panas? Jawaban itu akan membantu dokter Anda membuat diagnosis yang tepat.

“Anda harus menggambarkan lokasi yang tepat, bagaimana intens rasa sakit itu, apa yang memprovokasinya dan berapa lama berlangsung,” kata Dr Nieca Goldberg, direktur dari New York University Women’s Heart Program.

Seminggu sebelum Anda ke dokter, buat catatan  harian rasa sakit Anda dan gejala lainnya juga, kata Dr Loren Fishman, seorang profesor klinis kedokteran rehabilitatif di Columbia University College of Physicians and Surgeons.
Dia juga menyarankan menggunakan waktu ini untuk memikirkan pertanyaan-pertanyaan Anda kepada dokter Anda dan apa yang Anda harapkan.

4. Anda tidak menjelaskan semua kondisi yang menyebabkan anda ke dokter.

Jika telinga Anda sakit, lutut Anda sakit ketika Anda jalan dan Anda memiliki bisul di mata Anda, jelaskan ketiga hal itu saat anda membuat janji dengan dokter anda sehingga dokter anda dapat merencanakan kunjungan Anda secara efisien, saran Dr Howard Beckman, seorang profesor internis dan klinis di University of Rochester.

5. Anda tidak menjelaskan harapan Anda atas kunjungan Anda.

Jika Anda memiliki harapan atau ekspektasi tertentu – dokter akan mengobati bisul di mata Anda atau meresepkan antibiotik untuk telinga Anda yang sakit – katakanlah. Dokter kemudian dapat menjelaskan jika harapan Anda realistis, dan Anda akan lebih bahagia pada akhirnya.

“Kadang-kadang pasien tidak proporsional dengan kenyataan yang ada, seperti wanita 44 tahun yang berharap untuk hamil dalam satu siklus IVF,” kata Dr Jamie Grifo, direktur program dari New York University Fertility Center. “Jika mereka tidak mengkomunikasikan harapan mereka, maka aku tidak bisa mengatasinya.”

6. Anda tidak tahu apa obat yang Anda pakai.

“Pasien harus membawa daftar obat yang mereka gunakan, bukan apa yang mereka percaya bahwa mereka seharusnya gunakan, atau apa yang mereka pikir saya ingin mereka untuk menggunakannya,” saran Beckman.

Jika Anda mengambil suplemen, Rankin menyarankan Anda membawanya, karena suplemen tidak terstandar seperti obat resep, dan dokter Anda ingin melihat semua bahannya.

7. Anda pergi dengan pertanyaan dan kekhawatiran yang tak tersampaikan.

Jika ada pertanyaan di kepala Anda, tanyakan itu, bahkan jika Anda berpikir dokter sedang terburu-buru. Jika Anda khawatir sakit kepala Anda mungkin tumor otak, katakan saja, bahkan jika Anda berpikir Anda akan terdengar seperti seorang hipokondriak (terlalu cemas).

8. Anda tidak membawa catatan medis atau gambar hasil pemeriksaan Anda.

Ya, bahkan saat ini, banyak dokter mengandalkan mesin faks untuk mengirim catatan medis. Jadi, kecuali anda benar-benar yakin dokter Anda memiliki catatan Anda dan gambar dari kantor lain, bawa selalu mereka bersama Anda, saran dokter.

9. Anda terlalu takut untuk tidak sependapat dengan dokter Anda.

Jika dokter Anda menyarankan Anda memerlukan antidepresan dan Anda tidak ingin menerimanya, katakan demikian, bukan menganggukkan kepala Anda, kemudian mengambil resep dan membuangnya saat Anda keluar pintu. Atau kalau dia menyarankan obat yang Anda tidak mampu bayar, bilang saja.

“Saya tahu banyak dari Anda yang diprogram tidak mempertanyakan dokter Anda, tetapi kami tidak dapat membaca pikiran Anda, jadi kami membutuhkan Anda untuk berkomunikasi,” kata Rankin.

10. Anda tidak menuruti rencana perawatan.

Untuk dokter, ini adalah kakek dari semuanya. Jika Anda telah mengikuti semua saran di atas, Anda harus memiliki rencana pengobatan yang masuk akal untuk Anda dan sesuatu yang dapat Anda laksanakan.

“Silakan ikuti dan lakukan apa yang telah Anda setuju untuk melakukannya,” kata Rankin. “Dan jika Anda tidak mau, tolong beritahu saya sehingga saya tidak keliru menganggap pengobatan gagal. Saya tidak akan memarahai Anda. Saya hanya perlu tahu.”

TEMPO Interaktif

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s